Kembali ke Publikasi

Tinjau Pelayanan Terminal Tipe A, Dirjen Hubdat: Pentingnya Optimalisasi Manifest Keberangkatan Bus

14 Juli 2024 | 35x dilihat

Siaran Pers
Blog

SEMARANG (14/7) - Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Irjen Pol. Risyapudin Nursin melakukan peninjauan pada pelayanan di beberapa Terminal Tipe A, yakni Terminal Tipe A Harjamukti Cirebon, Terminal Tipe A Tegal, Terminal Tipe A Pekalongan, Terminal Tipe A Mangkang Semarang dan Terminal Tipe A Tingkir, Salatiga pada Sabtu (13/7) hingga Minggu (14/7). Dalam kunjungan ini Ia menekankan pentingnya optimalisasi manifest keberangkatan bus.

"Dengan adanya manifest yang terdata dengan baik, kita akan memiliki informasi yang akurat mengenai penumpang saat terjadi kecelakaan bus. Hal ini akan mempermudah proses identifikasi korban dalam kecelakaan bus, sehingga penanganan dan penyampaian informasi kepada keluarga korban dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. Juga untuk kendaraan pastikan kendaraan tersebut sudah dilakukan rampcheck sebelum melakukan pemberangkatan," ujar Dirjen Risyapudin.

Kendaraan yang beroperasi harus sesuai ketentuan dan dalam kondisi prima. Diperlukan juga edukasi kepada masyarakat untuk mengecek kondisi bus yang akan dinaiki melalui aplikasi Mitra Darat ataupun Spionam.

Lebih lanjut Ia juga menyampaikan kepada para Pengawas Satuan Pelayanan Terminal Tipe A untuk memaksimalkan pelayanan terminal dengan mengedepankan pelayanan yang informatif, selamat, dan aman. Ia menyoroti pentingnya pemberian informasi yang jelas dan akurat kepada para penumpang, memastikan konektivitas antarmoda yang baik, serta menjamin keamanan dan keselamatan selama berada di terminal.

“Mari kita wujudkan Terminal Tipe A ini sebagai pusat pelayanan yang lebih informatif, baik dari segi pelayanan, konektivitas, hingga keamanan dan keselamatan. Dengan peningkatan ini, kita berharap setiap penumpang mendapatkan pengalaman yang lebih baik dan nyaman saat menggunakan fasilitas terminal," imbuhnya.

Dalam upayanya meningkatkan kualitas pelayanan, Ia juga berdialog langsung dengan para penumpang dan petugas di lapangan untuk mendapatkan masukan dan saran yang konstruktif. Ia mengajak semua pihak yang terlibat untuk bekerja sama dan berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Selain itu, Dirjen Risyapudin juga mengimbau para Perusahaan Otobus (PO) agar setiap bus memiliki dua pengemudi yang memiliki kualifikasi yang sama, bukan hanya supir cadangan yang seadanya. Ia menegaskan pentingnya para pengemudi bus untuk beristirahat setelah 4-5 jam mengemudikan kendaraan. Hal ini dilakukan guna meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan bus yang disebabkan oleh kelelahan maupun penggunaan pengemudi pengganti yang masih belum berpengalaman.

“Ke depannya kami akan mengembangkan konsep smart terminal dengan teknologi informasi sehingga terciptanya sinkronisasi data baik penumpang dan kendaraan bus di terminal," pungkasnya.

Kunjungan ini merupakan bagian dari komitmen Kementerian Perhubungan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan transportasi darat di Indonesia, sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna jasa transportasi. Dengan adanya evaluasi dan monitoring secara berkala, diharapkan terminal-terminal Tipe A dapat menjadi contoh pelayanan yang prima dan dapat diandalkan oleh masyarakat.

Turut serta hadir dalam kegiatan ini Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Toni Tauladan, Direktur Lalu Lintas Jalan, Ahmad Yani, serta Para Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota terkait, Kepala Jasa Raharja dan Kepala Polisi Sektor setempat. (ALQ/ALV/WBW/AZN)