Kembali ke Publikasi

Info Hubdat Edisi Triwulan 01/2020

1 Jan. 2020 | 85x dilihat

Info Hubdat
Blog

Pembaca Newsletter infoHUBDAT yang budiman,

Pandemi Corona mengguncang dunia, seluruh warga dan para pemimpin dunia seolah tak berkutik dibuatnya. Di Indonesia, dampak yang ditimbulkan akibat pandemi ini sungguh luar biasa. Terlebih di kota-kota besar di mana pusat segala aktivitas masyarakat, pusat kegiatan ekonomi, sosial dan budaya. Padatnya jumlah penduduk di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya atau yang sering disebut wilayah aglomerasi perkotaan Jabodetabek menyebabkan tingginya frekuensi pergerakan masyarakat. Kondisi angkutan umum massal yang tidak memungkinkan untuk jaga jarak, sangat berpotensi pada meluasnya penyebaran Covid-19. Oleh karena itu penerapan protokol kesehatan dalam bertransportasi harus benar-benar dipatuhi.

Para pembaca yang budiman, pada edisi kali ini, Newsletter infoHUBDAT menampilkan Laporan Utama mengenai kebijakan pemerintah di bidang transportasi darat dalam menghadapi pandemi Corona. Beberapa artikel telah kami siapkan untuk mendukung laporan utama. Diawali dengan judul besar Kebijakan Transportasi Darat di Tengah Wabah Covid-19.

Artikel ini dilengkapi dengan sub-sub judul antara lain: S.O.P. Pencegahan Penyebaran Covid-19 Bidang Transportasi Darat; Sejumlah UPPKB Tidak Beroperasi Untuk Mencegah Penularan Covid-19; Mudik Gratis Lebaran 2020 Ditiadakan; Jaga Kebersihan Terminal Tipe A dan Optimalkan Pelayanan; serta Instruksi Langkah Antisipasi Pencegahan Penyebaran Covid-19. Selain itu ada juga artikel pendukung yaitu Evaluasi Antrian Penumpang Transjakarta; dan Nasi Bungkus Gratis untuk Pekerja Sektor Informal. Masih dalam info utama, kami sajikan tulisan dari pengamat transportasi berjudul Aspek Kesehatan Dalam Transportasi dengan sub judul Transportasi Publik Harus Tersedia.

Semoga apa yang kami sajikan ini dapat memperkaya wawasan dan pengetahuan para pembaca sekalian.