Kembali ke Publikasi

Ditjen Hubdat-Komisi V DPR RI Tinjau Terminal Tipe A Purboyo di Madiun

27 Maret 2024 | 740x dilihat

Siaran Pers
Blog

MADIUN (27/3) - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat bersama dengan Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) melakukan peninjauan infrastruktur dan transportasi di Kota Madiun, Jawa Timur pada Rabu (27/3). Terminal Tipe A Purboyo merupakan salah satu infrastruktur transportasi yang ditinjau pada kegiatan ini.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah melakukan revitalisasi di Terminal Tipe A Purboyo di Kota Madiun yang telah diselesaikan pada tahun 2023.

“Terminal Tipe A Purboyo nantinya akan dikembangkan lagi dengan melakukan pemisahan jalur ke barat (Jakarta) dan ke Timur (Surabaya), mengingat potensi pergerakan di Madiun ini sangat banyak," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Amirulloh saat membacakan paparannya.

Ia juga menjelaskan bahwa Ditjen Perhubungan Darat menyelenggarakan program Mudik Gratis Angkutan Bus pada masa Angkutan Lebaran Tahun 2024/1445 H dan salah satu tujuan mudik gratis tahun ini merupakan Terminal Purboyo, Kota Madiun.

Pada kesempatan yang sama, Ketua rapat kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR RI, Hj. Sadarwstuwati, S.P, M.M.A mengapresiasi perkembangan yang telah dilakukan di Kota Madiun, penataan kota yang bagus dan Terminal Purboyo yang sekarang menjadi megah.

"Diharapkan Terminal Tipe A Purboyo ini dapat memberikan pelayanan jasa transportasi darat yang nyaman dan aman serta menciptakan pertumbuhan ekonomi di wilayah Kota Madiun," ungkapnya.

Lebih lanjut, Ia berpesan kepada semua mitra kerja agar tidak berprinsip hanya pada pembangunan / peningkatan suatu sarana dan prasarana, tetapi juga dapat memperhatikan pemeliharaan terhadap apa yang telah dibangun, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Madiun.

Sejalan dengan itu, Walikota Madiun, Dr. Drs. H. Maidi, S.H., M.M., M.Pd., dalam rapat juga menyampaikan antusiasmenya dalam rangka membangun sarana dan prasarana transportasi di Kota Madiun, Ia mengharapkan kedepannya nanti Kementerian Perhubungan dapat memberikan bantuan angkutan untuk mobilitas para pelajar, sehingga dapat meningkatkan tingkat pendidikan di Kota Madiun.

Adapun kegiatan ini dihadiri juga oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Roberth Rouw dan Para Anggota Komisi V DPR RI, Direktur Rumah Susun Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Aswin Grandianto Sukahar, Kasubdit Terminal Angkutan Jalan, Rudy Arya Iskandar, Kepala BPTD Jawa Timur, Mangasi Sinaga, Kepala Dinas Perhubungan Kota Madiun dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Madiun. (ALQ/ALV/WBW/AZN)