Kembali ke Publikasi

BPTD Sumbar-Pemprov Sambut Kedatangan Peserta Mudik Gratis di Terminal Anak Air Padang

8 April 2024 | 490x dilihat

Siaran Pers
Blog

PADANG (8/4) - Sebanyak 2 armada bus Mudik Gratis PO Pariwisata Rezeki Gemilang dengan jumlah 85 penumpang disambut oleh Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Sumatera Barat, Muhammad Majid dan Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah beserta jajaran di Terminal Tipe A Anak Air Kota Padang, Sumatera Barat. Bus tersebut diberangkatkan dari Terminal Tipe A Jati Jajar pada tanggal 6 April 2024 melalui Program Mudik Gratis Kementerian Perhubungan.

Majid mengatakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan 4 bus untuk mudik gratis ke Padang. Dengan total kapasitas penumpang 168 orang. Pemudik diberangkatkan pada rombongan berbeda.

Dua bus pertama berangkat Sabtu 6 April 2024 dari Terminal Jatijajar, Depok. Kemudian dua bus selanjutnya berangkat pada Minggu 7 April 2024 dari Terminal Kampung Rambutan, Jakarta. "Pemudik yang sudah sampai hari ini merupakan rombongan pertama. Sementara rombongan kedua informasinya sampai di Sumatera Selatan. Perkiraan besok sampai ke Padang karena ada kepadatan arus lalu lintas," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sumbar, Mahyeldi menyampaikan selamat datang di kampung halaman Ranah Minang dan menanyakan kesan-pesan selama perjalanan mudik dari Jabodetabek ke Padang, Sumatera Barat.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan yang telah memfasilitasi Program Mudik Gratis ini, pihaknya berharap tentunya dalam mudik tahun berikutnya lebih banyak lagi armada yang diberangkatkan ke Sumbar.

"Pemerintah Provinsi Sumbar sangat berterimakasih pada Kementerian Perhubungan yang memfasilitasi warga kami dengan selamat dari Jakarta sampai di Padang. Selanjutnya dari Padang akan lanjut pulang ke rumah masing-masing karena ada yang dari Kabupaten Padang Pariaman, Agam, Bukitinggi, Payakumbuh," ujarnya.

Sementara itu, Anggi salah seorang pemudik mengaku senang bisa pulang ke kampung halaman jelang lebaran. Apalagi difasilitasi secara gratis dari Kemenhub. "Senang bisa pulang tanpa ongkos kendaraan, jadi biayanya lebih hemat. Terima kasih Kementerian Perhubungan," ucap pemuda asal Kota Payakumbuh yang merantau ke Jakarta sejak 2019 lalu.

Kegiatan penyambutan peserta mudik gratis ini didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat, Dirlantas Polda Sumbar, Biro Adpim Gubernur Sumatera Barat, Kepala Balai dan Kassubag Tata Usaha BPTD Kelas II Sumatera Barat, Wasatpel TTA Anak Air dan Seluruh Staf dan Petugas Posko Kantor Induk BPTD Kelas II Sumbar. (CAN/ALV/WBW/AZN)