Publikasi BPTD Kelas II Riau

BPTD Riau Edukasi Masyarakat dan Pelajar Budaya Tertib Berlalu Lintas

21 Nov. 2023, 14.06 | 316x dilihat

Berita
Blog

PEKANBARU - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Riau menggelar acara puncak Pekan Keselamatan Jalan (PKJ) di Terminal Tipe A Bandara Raya Payung Sekaki, Kota Pekanbaru.

Acara ini untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan berlalu lintas, terutama di kalangan pelajar, komunitas dan masyarakat yang mungkin belum sepenuhnya memahami aturan, rambu, serta fasilitas keselamatan jalan.

"Oleh karena itu, kami berusaha menggandeng seluruh stakeholder yang ada untuk bisa bersama meningkatkan kesadaran akan keselamatan jalan ini kepada seluruh anggota masyarakat," kata Kepala BPTD Kelas II Riau, Batara dilansir mcr, Minggu (15/10/2023).

Dia juga menekankan pentingnya mengurangi jumlah korban kecelakaan lalu lintas dan menciptakan budaya tertib berlalu lintas.

PKJ merupakan rangkaian kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun, dan Batara berharap bahwa kegiatan ini tidak hanya bersifat seremonial, tetapi juga memberikan edukasi berarti kepada masyarakat, terutama generasi muda.

Beberapa bentuk edukasi yang dilakukan meliputi kesadaran lalu lintas sejak usia dini, seperti sosialisasi ke sekolah-sekolah di Pekanbaru.

Selain itu, ada program 'ayo ke terminal' yang mengajak anak sekolah untuk memahami sarana dan prasarana lalu lintas di Kota Pekanbaru.

Selain edukasi kepada masyarakat umum, PKJ juga melibatkan kegiatan pramuka untuk menjadi pendorong kesadaran berlalu lintas.

"Kita sudah mendidik sekitar 1.200 anak agar bisa sadar akan aturan berlalu lintas, sehingga tunas muda yang menggantikan kita nantinya dapat mendorong pentingnya keselamatan jalan," jelas Batara.

Penyelenggaraan PKJ merupakan wujud komitmen dalam meningkatkan keselamatan jalan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat.

"Kita lihat di jalanan, masih banyaknya terjadi pelanggaran berlalu lintas, mulai dari lawan arah, kelengkapan berkendara, kelengkapan kendaraan hingga kecepatan saat berkendara," tuturnya.

"Hal ini adalah bukti nyata yang mengharuskan kita agar tidak lelah, tidak jenuh dan terus memberikan edukasi terkait dengan keselamatan jalan," tandasnya.

Acara PKJ diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesadaran keselamatan berlalu lintas di Kota Pekanbaru dan sekitarnya.(*)