Banyaknya pengguna sepeda motor di Kalimantan Selatan, khususnya di kota banjarmasin menjadi primadona tersendiri kendaraan yang digunakan masyarakat kalimantan selatan. Karena hal tersebut sering terjadinya penumpukan jumlah sepeda motor di mulut simpang atau pun perempatan pada saat lampu merah. Penumpukan kendaraan roda dua yang terjadi ini biasanya tidak beraturan, bahkan kadang - kadang juga melanggar aturan lalu lintas seperti contohnya melanggar garis henti, menghentikan atau menutup pergerakan untuk belok kiri, selain itu juga menutup zebra cross, dan kadang juga menyebabkan kemacetan, bahkan kecelakaan.
Dengan semakin banyaknya jumlah kendaraan bermotor apabila tanpa didukung dengan peningkatan kuantitas dan kualitas infrastruktur serta berbagai sarana transportasi akan menyebabkan turunnya kinerja persimpangan bersinyal, antara lain mengurangi jumlah volume yang melewati zona hijau dari lampu pengatur lalu lintas yang ada. Oleh karena itu, perlu dicarikan solusi melalui rekayasa lalu lintas sehingga kinerja pada persimpangan bersinyal dapat menjadi lebih efektif dan effisien.
Ruang Henti Khusus (RHK) merupakah salah satu dari teknologi manajemen lalu lintas yang mampu mengurangi permasalahan yang disebabkan oleh penggunaan sepeda motor khususnya di area persimpangan dengan cara memberikan area khusus sebagai tempat untuk berhenti di persimpangan.
RHK sepeda motor dirancang untuk memberikan fasilitas ruang berhenti yang dapat digunakan oleh sepeda motor saat lampu lalu lintas berwarna merah. RHK diletakkan antara (dan dibatasi dengan) garis henti paling depan serta garis henti yang diperuntukkan bagi antrian kendaraan bermotor roda empat. Diantara kedua marka garis henti diletakkan secara berurutan serta dipisahkan oleh area kosong dengan jarak tertentu. Dapat disimpulkan antara kedua garis henti tersebut, dibentuk sebuah ruang/area menunggu/henti yang digunakan selama lampu lalu lintas berwarna merah, yang berguna agar sepeda motor dapat menunggu di kaki persimpangan.
RHK juga dilengkapi oleh lajur pendekat yang mana berfungsi untuk memudahkan sepeda motor untuk mendekati garis berhenti di sekitar persimpangan. Dengan cara tersebut, RHK memiliki fungsi agar sepeda motor dapat langsung menuju persimpangan melalui cara yang mudah serta aman sehingga memungkinkan sepeda motor roda dua dapat bergerak terlebih dahulu dibandingkan kendaraan roda empat sehingga persimpangan menjadi lebih bersih dahulu.
Adapun beberapa keunggulan dari RHK Antara lain :
1) RHK tidak membutuhkan perencanaan yang rumit sertakonstruksi fisik yang besar.
2) RHK membutuhkan biaya yang rendah
3) Ujicoba yang dilaksanakan pada penerapan RHK, efektif dalam memperlancar arus lalu lintas.