Informasi Berkala BPTD Kelas II Kalimantan Selatan
Informasi dan Pengaduan
01 Januari, 2025 781x
Kategori : Informasi dan Pengaduan
Ringkasan Informasi :
Penanggung Jawab Pembuatan Informasi : None
Penerbit Informasi :
Bentuk Informasi yang Tersedia : Hard File dan Soft File
Tempat dan Tahun Pembuatan : , 2025
Jangka Waktu Penyimpanan : None

Deskripsi :

Informasi mengenai kanal informasi dan pengaduan :

  • Contact Center 151;
    • Kanal pengaduan dan informasi melalui sambungan langsung Contact Center (021) 151
  • Sistem Manajemen Pengaduan (SIMADU);
    • Simadu adalah aplikasi Whistleblowing System (WBS) Kementerian Perhubungan untuk memproses pengaduan dan pemberian informasi oleh whistleblower sehubungan dengan adanya perbuatan yang melanggar perundang-undangan, peraturan/standar, kode etik, dan kebijakan, serta tindakan lain yang sejenis berupa ancaman langsung atas kepentingan umum, serta Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).
  • Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!)
    • Pengelolaan pengaduan pelayanan publik di setiap organisasi penyelenggara di Indonesia belum terkelola secara efektif dan terintegrasi. Masing-masing organisasi penyelenggara mengelola pengaduan secara parsial dan tidak terkoordinir dengan baik. Akibatnya terjadi duplikasi penanganan pengaduan, atau bahkan bisa terjadi suatu pengaduan tidak ditangani oleh satupun organisasi penyelenggara, dengan alasan pengaduan bukan kewenangannya. Oleh karena itu, untuk mencapai visi dalam good governance maka perlu untuk mengintegrasikan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik dalam satu pintu. Tujuannya, masyarakat memiliki satu saluran pengaduan secara Nasional. 
    • Untuk itu Pemerintah Republik Indonesia membentuk Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia melalui beberapa kanal pengaduan yaitu website www.lapor.go.id, SMS 1708 (Telkomsel, Indosat, Three), Twitter @lapor1708 serta aplikasi mobile (Android dan iOS).
Informasi Publik Terbaru:
SOP
01 Januari, 2025 5x dilihat
LHKPN
17 Januari, 2025 7x dilihat
Rencana Kerja Anggaran
01 Januari, 2025 12x dilihat