Hadirkan Rest Area Untuk Pemudik Motor di UPPKB Losarang, Begini Penampakannya

13 Mei 2022, 15:12

Bagikan ke

INDRAMAYU (26/04) – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan membangun tempat peristirahatan (rest area) di 41 lokasi UPPKB yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan NTB. Salah satu UPPKB yang dijadikan tempat peristirahatan tersebut yakni UPPKB Losarang, Indramayu. Sejak Senin (25/04) pemudik sepeda motor mulai memadati UPPKB Losarang.

“Kami membangun rest area di jembatan timbang atau UPPKB ini memang kami bangun di lokasi-lokasi strategis untuk tempat peristirahatan. Terlebih momentum ini sudah dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mudik karena sudah diizinkan oleh Pemerintah. Kami memfasilitasi tempat peristirahatan bagi masyarakat yang melakukan perjalanan panjang atau untuk mudik,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi.

Ditjen Hubdat sebelumnya juga tengah gencar mengkampanyekan alih fungsi sementara UPPKB sebagai rest area.

“Diimbau bagi semua masyarakat untuk memperhatikan kondisi fisiknya saat mengemudi, baik dengan mobil ataupun motor. Setiap perjalanan jika sudah selama 4 jam harus istirahat, mau capek atau tidak wajib istirahat,” kata Dirjen Budi.

Di rest area UPPKB Losarang, pada Senin (25/04) lalu dikunjungi oleh 358 pemudik, 214 orang diantaranya menggunakan sepeda motor. Salah satu pemudik sepeda motor, Iis yang mudik bersama suami dan anaknya dengan sepeda motor dari Tangerang menuju Kuningan mengutarakan bahwa dirinya merasa terbantu dengan kehadiran rest area ini. “Enak di sini, nyaman. Biasanya tadi di pinggir jalan, lumayan nyaman apalagi ada tempat bermain anak jadi anteng juga,” ujar Iis.

Di rest area UPPKB Losarang tersedia beberapa fasilitas untuk para pemudik antara lain toilet, mushola, tempat istirahat, hiburan karaoke, kursi pijat, dan tempat bermain anak.

“Kami juga menyediakan posko kesehatan yang siap melayani pemudik untuk cek kesehatan mulai dari periksa tensi, antigen, maupun layanan pemberian vaksinasi sesuai dengan kebutuhan pemudik. Kami juga sediakan sejumlah tempat tidur untuk masyarakat yang singgah beristirahat agar dapat fit kembali untuk meneruskan perjalanan,” pungkas Dirjen Budi.

Dirjen Budi juga menjelaskan dalam mendirikan rest area UPPKB Losarang ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Kesehatan setempat, serta Polres Indramayu untuk menghadirkan pelayanan dan fasilitas yang nyaman bagi para pemudik motor. (HS/PTR/EI)