Loading...

Persiapan Mudik Lebaran, Menko PMK dan Menhub Inspeksi Stasiun Pasar Senen

Berita
1 bulan yang lalu
0 x dibaca
Share FB

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan inspeksi ke Stasiun Pasar Senen menjelang masa mudik lebaran.

Dalam inspeksinya, Menko PMK dan Menhub melakukan Rapat Koordinasi Kesiapan Angkutan Mudik Lebaran 2022 bersama stakeholder perkeretaapian, serta melakukan peninjauan sarana dan prasarana stasiun, peninjauan Vaksinasi di Stasiun Senen, Pembagian Sembako & Takjil kepada Masyarakat & Penumpang.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan setelah dua tahun, Presiden telah memutuskan masyarakat boleh melaksanakan mudik lebaran tahun ini. Karenanya ia meminta kegiatan ini dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Menko Muhadjir mengusulkan pada tahun ini bisa diselenggarakan mudik gratis dengan kereta api. Ini untuk mengurangi kepadatan mudik menggunakan kereta api.

"Saya menyarankan supaya disediakan gerbong khusus mengangkut kendaraan. Sehingga mereka yang akan mudik dengan sepeda motor bisa diangkut dengan kereta api. Nanti motornya bisa digunakan kembali setelah sampai di tempat tujuan. Sehingga nanti mengurangi kepadatan di jalan raya terutama yang berkendara sepeda motor, karena banyak kecelakaan pada masa mudik melibatkan sepeda motor,” sebut Menko Muhadjir.

Pada kesempatan yang sama, Menhub menyampaikan prediksi ada sekitar 8 juta penumpang yang naik kereta api. Untuk itu, ia meminta Ditjen Perkeretaapian dan PT KAI bersinergi melakukan persiapan dengan baik. “Seperti rampcheck, inspeksi jalur, membuat posko-posko, menambah perjalanan dan meningkatkan SDM. Hal itu merupakamn upaya yang baik dan Insya Allah kita bisa mengawal itu," kata Menhub.

Terkait usulan mudik gratis Menhub mengungkapkan akan menyelenggarakan program mudik gratis tidak hanya dengan kereta api, tapi juga dengan bus (untuk penumpang) dan truk (untuk mengangkut sepeda motor).

“Untuk kendaraan sepeda motor yang diangkut kereta diberikan gratis, hanya orangnya saja yang bayar tiket kereta. Kalau bus ada kita sediakan untuk penumpagnnya gratis, dan kendaraan truk untuk motornya gratis juga," kata Menhub.

Turut hadir Dirjen Perkeretaapian Zulfikri dan Dirut PT KAI Didiek Hartantyo.(HH/RDL/LA/HS).

 

 

 


Related Tags:

Related publications

All posts
Top