Publikasi BPTD Kelas III Bengkulu

Jelang Angleb Tahun 2024 / 1445 H, BPTD Kelas III Bengkulu Beserta Instasi Terkait Gelar RAMP CHECK Di Perusahaan Otobus Di Kota Bengkulu

28 Maret 2024, 10.36 | 192x dilihat

Siaran Pers
Blog

BENGKULU (27/03) – Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas III Bengkulu Bersama dengan Dinas Pehubungan Provinsi Bengkulu, Ditlantas Polda Bengkulu, PT. Jasa Raharja Cabang Bengkulu dan Dinas Kesehatan Kota Bengkulu dan Dinas Perhubungan Kota Bengkulu dan DPC Organda Provinsi Bengkulu melaksanakan kegiatan Inspeksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( Ramp Check ) jelang penyelenggaraan angkutan lebaran tahun 2024 yang berlokasi di sejumlah Perusahaan Otobus yang beroperasi di Kota Bengkulu pada Rabu ( 26/03/2024 )

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut atas Surat Direktur Sarana Transportasi Jalan No. AJ.201/1/7/DJPD 2024 tanggal 6 Februari 2024 perihal persiapan pelaksanaan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan ( Ramp Check ) yang mana meminta seluruh Dinas Perhubungan Provinsi, Kota dan Kabupaten dan BPTD untuk melakukan Ramp Check terhadap Kendaraan Angkutan Lebaran.

Adapun Pelaksanaan Kegiatan Inspeksi Keselamatan Lalu Lintas ( Ramp Check ) berlangsung pada tanggal 27 Maret s.d 29 Maret 2024 yang berlokasi di PO. SAN Putra Sejahtera, PO. Putra Rafflesia, PO. Putra Simalungun Atas, Perum Damri, PO. CSH 88, PO. Tanjung Indah dan PO. Sriwijaya, selain itu pelaksanaan Kegiatan Ramp Check juga rutin diselenggarakan di Terminal Tipe A Simpang Nangka.

“Adapun Ramp Cek meliputi pemeriksaan unsur administrasi, unsur teknis, unsur penunjang dengan tujuan memastikan kendaraan yang diperiksa layak jalan. Pengemudi pun turut dilakukan tes kesehatan, cek kondisi fisik serta kelengkapan administrasi” ujar Teguh Ilman Santoso

Pemeriksaan saat ramp check meliputi unsur administrasi (STUK, kartu pengawasan, STNK dan SIM) dan unsur teknis (Sistem Penerangan, Sistem Pengereman, Badan Kendaraan, Ban, Pengukur Kecepatan dan Perlengkapan), unsur penunjang ( Speedometer, Kaca Spion, Wiper, Klakson, Kapasitas Tempat Duduk, Perlengkapan Kendaraan, Perlengkapan Tanggap Darurat ) yang berfungsi untuk memastikan kendaraan yang diperiksa laik jalan.

Selain itu, Pengemudi dan crew juga dilakukan pemeriksaan antara lain dengan tes urine untuk memastikan Pengemudi bebas dari Alkohol dan Narkoba, pemeriksaan Kesehatan dan kondisi fisik pengemudi serta kelengkapan Administrasi Pengemudi.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang merupakan program kerja Kementerian Perhubungan melalui BPTD guna mewujudkan keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, mendukung keamanan, dan kelancaran Lalu Lintas Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Masa Angkutan Lebaran tahun 2024 / 1445 H

“Pelaksaan giat Ramp Cek diharapkan seluruh armada yang beroperasi mengangkut penumpang, pada saat penyelenggaraan mudik lebaran dijamin layak jalan dan keselamatan diperjalanan. Serta turut diimbau kepada para pemudik untuk menggunakan kendaraan yang sudah stiker layak jalan. Tutup Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat Kelas III Bengkulu.

Blog

Ramp Check Gabungan Angleb 1445 H BPTD Kelas III Bengkulu

Blog

Ramp Check Gabungan Angleb 1445 H BPTD Kelas III Bengkulu

Blog

Ramp Check Gabungan Angleb 1445 H BPTD Kelas III Bengkulu

Blog

Ramp Check Gabungan Angleb 1445 H BPTD Kelas III Bengkulu