Tak Biasa, Terminal Bus Tirtonadi Jadi Tempat Pertunjukan Seni dan Budaya, Hadirkan Penyanyi Tulus dan Seniman Sardono W. Kusumo

8 Jan. 2022
Terminal Tipe A Tirtonadi Tulus

Bagikan ke

Solo – Ada hal yang tak biasa terjadi di Terminal Tipe A Tirtonadi, yang menjadi salah satu simpul transportasi strategis di kota Solo, Jawa Tengah. Terminal yang umumnya digunakan sebagai tempat naik turun penumpang angkutan bus, pada pada Sabtu malam, 8 Januari 2022, akan menjadi tempat pertunjukkan seni dan budaya.

Bertempat di Tirtonadi Hall yang berada di lantai 2 (dua) Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) tersebut, akan digelar konser musik dan pertunjukkan seni secara live streaming bertajuk “Di Tirtonadi, Berbuat untuk Seni Budaya Solo”, yang menghadirkan penyanyi ternama Tulus dan seniman besar Sardono W. Kusumo atau dikenal dengan sebutan Mas Don.

“Melalui acara ini, kami ingin memperkenalkan sebuah konsep yang tidak biasa kepada masyarakat, bahwa Terminal Tirtonadi tidak hanya sekedar terminal biasa, tetapi juga berfungsi sebagai pusat kreasi dan pusat kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat di Solo dan sekitarnya,” demikian disampaikan Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, Sabtu (8/1).

Konser tersebut akan berlangsung pada Sabtu malam pukul 19.00 WIB s.d Selesai, yang bisa disaksikan secara live streaming melalui akun Youtube Kompas TV. Acara ini merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Perhubungan dengan media Kompas dan para pegiat seni di kota Solo.

Pertunjukan ini akan menjadi kick off atau awal dari kegiatan serupa yang akan dilakukan secara rutin kedepannya di Terminal Tirtonadi.

Dengan adanya penambahan fungsi terminal, diharapkan semakin banyak masyarakat dari berbagai kalangan dan anak muda hingga orang tua, dan para penikmat seni yang datang ke terminal. “Kami juga berharap, kegiatan ini turut meningkatkan pamor terminal bus dan semakin meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum bus,” tutur Adita.

Terminal Tipe A ini dikelola oleh Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub dan telah dilakukan revitalisasi. Setelah dilakukan revitalisasi, kini Terminal Tirtonadi memiliki berbagai fungsi lainnya selain menjadi simpul transportasi yakni memiliki function hall (untuk pameran, resepsi pernikahan, dsb), sport center, food court, dan pusat kesenian.

Dalam pengembangannya, Kemenhub melibatkan Pemerintah Daerah dan pihak swasta untuk berpartisipasi mengembangkan fasilitas komersial tersebut.

Terminal Tirtonadi memiliki letak yang strategis di pusat kota Solo dan telah terintegrasi dengan Stasiun Ka Solo Balapan dan Bandara Adi Sumarmo Terminal yang berada di lahan seluas 5 hektar ini menjadi contoh untuk pengembangan terminal-terminal lainnya di sejumlah wilayah di Indonesia. (RDL/LA/HS)