Indonesian English

Fungsi

Cetak

FUNGSI SEKRETARIAT DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN DARAT

  1. Penyiapan koordinasi penyusunan rencana dan program, pemaduan jaringan transportasi darat dan keterpaduan sistem antarmoda, pengembangan sistem dan teknologi informasi subsektor transportasi darat, serta pengawasan dan penyusunan laporan pelaksanaan rencana dan program kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat;
  2. Pelaksanaan manajemen kepegawaian, penyusunan organisasi dan tata laksana, administrasi perkantoran, kearsipan, tata persuratan di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dan urusan umum di lingkungan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perhubungan Darat;
  3. Penyiapan koordinasi penyusunan rancangan peraturan perundang-undangan, pemberian pertimbangan dan advokasi hukum, harmonisasi dan standardisasi regulasi tingkat nasional, regional dan internasional, pelaksanaan dokumentasi hukum, hubungan masyarakat dan antar lembaga, pengelolaan informasi publik, media sosial, website dan koordinasi layanan pengaduan publik (contact center), serta kerjasama dalam negeri dan luar negeri subsektor transportasi darat;
  4. Penyiapan koordinasi revisi anggaran, monitoring dan evaluasi pelaksanaan anggaran, bimbingan teknis administrasi keuangan, serta penatausahaan, penyusunan dan penggunaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), pengelolaan Barang Milik Negara (BMN), usulan pengelola anggaran, serta tindak lanjut Laporan Hasil Audit (LHA), pelaksanaan perbendaharaan, akuntansi, dan penyusunan laporan keuangan di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.
Sekretariat Direktorat Jenderal Perhbungan Darat terdiri dari :
  1. Bagian Perencanaan;
  2. Bagian Kepegawaian dan Umum;
  3. Bagian Hukum dan Hubungan Masyarakat; dan 
  4. Bagian Keuangan.