Indonesian English

KEMENHUB SERAHKAN 15 UNIT BUS FEEDER BUSWAY

Senin, 02 April 2012 08:41 Admin1
Cetak

(Jakarta, 28/3/2012)Dalam rangka mengurangi kepadatan lalu-lintas dari kota-kota satelit sekitar Jakarta, khusunya Bekasi, Kementerian Perhubungan mendukung Pemprov DKI Jakarta dan pemerintah daerah di sekitar Jakarta untuk membuat Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) yang menghubungkan Jakarta dengan kota Bekasi. Peresmiannya dilakukan Rabu (28/3/2012) di pool bus Hiba, Cakung, Jakarta Timur oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Sebanyak 15 unit bus bantuan dari Kementerian Perhubungan digunakan untuk melayani rute pertama Bekasi – Pulogadung. Rencananya akan ada 2 rute yaitu Bekasi – Pulogadung dan Bekasi – Kampung Rambutan. Dalam waktu dekat Kementerian Perhubungan akan menambah bus bantuan untuk melayani rute kedua yaitu Bekasi – Kampung Rambutan. APTB atau sering juga disebut bus pengumpan (feeder) ini nantinya akan dioperasikan oleh Perum PPD (Perusahaan Pengangkutan Djakarta).

Diperkirakan, load factor APTB Bekasi – Pulogadung, dengan 15 unit bus yang dioperasikan dan headway (jarak tunggu antar bus) 10 menit, maka dapat mengangkut penumpang sebanyak 17.340 penumpang per hari atau sebesar 4% dari total perjalanan di Jakarta – Bekasi. Besaran tarif APTB ini ditetapkan sebesar Rp 9.500,- per orang, dengan rincian Rp 6.000,- untuk angkutan feeder dan Rp 3.500,- untuk bus Transjakarta.

APTB Bekasi – Pulogadung ini terintegrasi dengan Koridor II (Pulogadung – Harmoni) dan Koridor IV (Pulogadung – Dukuh Atas 2) dengan rute sepanjang 20 kilometer yang melewati tol Cakung – tol JORR – tol Cikampek – keluar tol Bekasi Barat – Jalan Cut Meutia – Terminal Bekasi. Pada rute ini terdapat lima halte yaitu halte di Terminal Bekasi, Kementerian Sosial, Bekasi Trade Center (BTC), depan pool bus Hiba Utama dan Bank Mandiri Cakung. Sedangkan APTB Bekasi – Kampung Rambutan akan teringrasi dengan Transjakarta Koridor VII (Kampung Rambutan - Kampung Melayu) dengan panjang lintasan 24 kilometer yang melewati tol Kampung Rambutan – tol JORR – tol Cikampek – keluar tol Bekasi Timur – Jalan Joyomartono – Jalan Ir H Juanda – Terminal Bekasi. Pada rute ini terdapat tiga halte yaitu halte di Terminal Bekasi, Kementerian Sosial dan BTC.

Dengan adanya APTB Bekasi – Jakarta diharapkan akan mengurangi kepadatan lalu-lintas pada jam-jam sibuk pagi dan sore. Diharapkan para komuter dari Bekasi yang selama ini memakai mobil pribadi atau motor dapat beralih menggunakan APTB ini. PUSAT KOMUNIKASI PUBLIK, (CAS)