Indonesian English

PEMBANGUNAN FASILITAS PENUNJANG DI LANTAI 2 TERMINAL TIRTONADI DITARGETKAN SELESAI AKHIR TAHUN

Rabu, 18 November 2020 10:27 Admin1
Cetak

sesditjen-tirtonadi-2020

 

SOLO (17/11) - Pembangunan fasilitas penunjang di lantai 2 Terminal Tipe A Tirtonadi Solo ditargetkan selesai akhir tahun ini. Fasilitas penunjang tersebut meliputi sport center, food court, dan convention hall. "Kami harapkan pembangunan fasilitas penunjang di Terminal Tirtonadi dapat selesai akhir tahun 2020 ini," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Imran Rasyid, saat meninjau pembangunan infrastruktur di lantai 2 Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Selasa (17/11).

Namun demikian, menurutnya pembangunan prasarana infrastruktur di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo jangan hanya mengejar waktu penyelesaian saja tapi harus memperhatikan kualitas bangunan sebagaimana yang dipersyaratkan dalam kontrak.

Imran yang dalam kunjungannya didampingi Kepala Bagian Hukum dan Humas Ditjen Perhubungan Darat, Endy Irawan; Kasie TSDP BPTD Wilayah X Jateng-DIY, Didik Tri Margono, serta Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto melihat kondisi sky bridge yang menghubungkan Terminal Tirtonadi dengan Stasiun Balapan.

Setelahnya, Imran melihat perkembangan pembangunan sport center seluas 1.512 m² yang mampu menampung 300 penonton tribun. Sport center nantinya dapat digunakan untuk olahraga basket, bulutangkis dan futsal.

Pembangunan Convention Hall seluas 3.564 m². Lokasi ini dapat digunakan untuk kegiatan yang dapat disewakan seperti pameran, konvensi sampai even besar karena mampu menampung 2.500 orang berdiri atau 1.500 duduk.

Sedangkan food court dengan luas 720 m² akan menampung 12 tenant dengan 150 pengunjung.

Pagu anggaran untuk pembangunan yang dibiayai dana APBN sebesar Rp 40 miliar dengan jangka waktu pelaksanaan 5 bulan dan akan berakhir pada Desember 2020.

Sementara itu, Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Joko Sutriyanto mengungkapkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Surakarta, organisasi-organisasi keolahragaan, serta komunitas seni budaya.

‘’Kami akan rangkul semua pihak terutama Pemkot Surakarta sebagai pemangku wilayah di terminal agar ke depan fasilitas penunjang di terminal ini bisa dimanfaatkan bagi masyarakat luas dan memberikan nilai tambah, tapi tanpa mengurangi tugas pokok dan fungsi terminal sebagai simpul transportasi,’’ kata Joko.
(CAS/PTR/EI)

---------------

SIARAN PERS

Nomor: 137/SP/XI/HMS/2020

---------------
KEPALA BAGIAN HUKUM DAN HUMAS DITJEN PERHUBUNGAN DARAT

Endy Irawan

Twitter: @hubdat151
Instagram : @ditjen_hubdat
Facebook Fan Page dan YouTube : Ditjen Perhubungan Darat
--------------