Indonesian English

CEGAH PENYEBARAN VIRUS COVID-19, DIRJEN HUBDAT INSTRUKSIKAN LANGKAH ANTISIPASI

Rabu, 04 Maret 2020 22:45 Admin1
Cetak

 

JAKARTA (4/3) – Sebelumnya pada Senin (2/3) lalu, Presiden RI Joko Widodo telah mengumumkan terdapat 2 orang Warga Negara Indonesia (WNI) di Indonesia yang positif terjangkit virus corona (Covid - 19). Sebagai langkah antisipasi pencegahan penyebaran virus tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi telah menginstruksikan kepada seluruh Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), Perusahaan Angkutan Umum, Penyelenggara Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) serta Asosiasi di Bidang Transportasi Darat untuk melakukan tindakan pencegahan di seluruh sarana dan prasarana transportasi darat.

Hal tersebut dilakukan sesuai dengan Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: SE.4/UM.006/DRJD/2020 tentang Antisipasi Pencegahan Penyebaran Infeksi Novel Corona Virus (2019-nCov) pada sarana dan prasarana transportasi darat.

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan baik di terminal maupun pelabuhan memang perlu diperketat dengan alasan terminal maupun pelabuhan sebagai tempat keluar masuk penumpang dari daerah satu ke daerah lainnya. Dengan pengamanan maksimal, Ia berharap penularan Covid-19 bisa ditekan.

“Pihak kami juga akan melakukan koordinasi dengan dinas kesehatan serta para penyedia transportasi umum dalam penyediaan fasilitas kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona di tempat-tempat seperti terminal, angkutan, maupun pelabuhan ASDP. Hal yang dapat dilakukan antara lain; rutin membersihkan alat tap on gate, tempat duduk, pintu, jendela, hingga pegangan untuk penumpang dengan menggunakan desinfektan baik sebelum dan sesudah beroperasi. Selain itu, harus disiapkan juga antiseptik, alcohol based hand rub atau hand sanitizer sebagai fasilitas untuk penumpang mencuci tangan,” kata Dirjen Budi.

Ia pun mengimbau masyarakat agar tidak panik dan selalu mengikuti arahan dari petugas. “Jalankan pola hidup yang bersih dan sehat dengan selalu menjaga kebersihan dan menjaga etika ketika batuk dan bersin. Gunakan masker saat berada di ruang publik dan transportasi umum, serta kurangi sentuhan langsung dari tangan ke wajah,” ujarnya.

(IRA/ZR/HS/PTR/EI)
----------------

SIARAN PERS

Nomor: 32/SP/HMS/III/2020

----------------

KEPALA BAGIAN HUKUM DAN HUMAS DITJEN PERHUBUNGAN DARAT

Endy Irawan

Twitter: @hubdat151
Instagram : @ditjen_hubdat
FB Fan Page dan YouTube: Ditjen Perhubungan Darat
---------------