Indonesian English

KEMENHUB-PEMKAB ACEH TENGAH LAKUKAN SERAH TERIMA SERTIFIKAT TERMINAL TIPE A PAYA ILANG TAKENGON

Sabtu, 23 November 2019 23:19 Admin1
Cetak

WhatsApp Image 2019-11-25 at 3.58.56 PM

BANDA ACEH (23/11) – Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Terminal Tipe A dan Jembatan Timbang merupakan wewenang Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan. Oleh karena itu, pada Jumat (22/11) digelar acara Serah Terima Sertifikat Terminal Tipe A Paya Ilang Takengon antara Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat di Aceh Seafood & Restaurant.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Cucu Mulyana menyampaikan bahwa saat ini progres penyerahan Terminal Tipe A Paya Ilang telah sampai pada tahap pelimpahan Personel, Pendanaan, Sarana dan Prasarana serta Dokumen (P3D).

"Prosesnya (serah terima) memang panjang dari mulai tahun 2017- 2018. Alhamdulillah sekarang secara umum sudah proses pelimpahan P3D. Kemarin juga kami sudah koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri. Bapak Menteri Perhubungan menyatakan mulai tahun 2020 perhatian terhadap angkutan jalan akan ditingkatkan dibandingkan sebelumnya karena angkutan jalan sudah tertinggal jauh dibandingkan angkutan udara dan kereta api. Mulai tahun ini juga telah didesain 46 Terminal Tipe A dan akan kita bangun secara bertahap," jelas Cucu.

Menurut Cucu, Ditjen Hubdat akan mengembangkan terminal dengan konsep Transit Oriented Development (TOD). "Jadi nanti di terminal akan dikembangkan untuk dikerjasamakan dengan investor. Sehingga terminal bukan hanya tempat menaik-turunkan penumpang saja tapi dapat dijadikan ikon suatu daerah. Terlebih desain sebuah terminal kini diperhatikan betul oleh Pak Menhub. Tetapi di dalam terminal juga harus ada aspek terkait keselamatan. Setiap angkutan yang keluar masuk terminal harus laik jalan," urai Cucu.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah I Provinsi Aceh Yusuf Nugroho dalam laporannya yang disampaikan pada acara tersebut menyatakan bahwa Terminal Tipe A Paya Ilang dibangun dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK).

"Terminal Paya Ilang dibangun di atas lahan seluas 9.796 m2. Pembangunan terminal dengan APBN dilaksanakan pada tahun 2011-2012 dengan total anggaran mencapai Rp11,7 Miliar. Terminal Tipe A Paya Ilang semula dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dan diserahkan kepada Kementerian Perhubungan pada 3 Oktober 2018," kata Yusuf.

Fasilitas yang saat ini telah tersedia di Terminal Paya Ilang yakni 1 Bangunan dengan 2 Lantai, Ruang Tunggu Penumpang, Ruang Fasilitas Penggunaan Teknologi, 1 Bangunan Mushola, 1 Bangunan Tempat Wudhu, Kantin, Parkir Pengunjung, 2 Kamar Toilet, Ruang Perkantoran, 20 Unit Loket, 2 Unit ATM, dan Tempat Parkir Kendaraan Angkutan.

"Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor SK 1679 tahun 2019 tanggal 23 April 2019 telah ditetapkan Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Paya Ilang. Operasional Terminal Tipe A Paya Ilang secara penuh dilaksanakan oleh BPTD Wilayah I Provinsi Aceh pada bulan Mei 2019," tambah Yusuf.

Sementara itu Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menyatakan optimismenya akan perbaikan yang dilakukan di Terminal Tipe A Paya Ilang oleh Kemenhub. "Melalui penyerahan terminal ini kepada Pemerintah Pusat, kami yakin akan ada peningkatan dalam berbagai bidang baik sarana, prasarana, sumber daya manusianya, dan pelayanan. Ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan untuk pelayanan kepada masyarakat yaitu perluasan area terminal keberangkatan dan kedatangan, pembangunan ruang laktasi, pembangunan pos kesehatan dan lainnya," kata Shabela.

"Terminal Paya Ilang dibangun pada tahun 2008. Terminal ini salah satu terminal paling aktif karena terminal ini menjadi tujuan dan penghubungan antar kota di sekitarnya. Jumlah rata-rata penumpang per hari 430 orang, mayoritas penumpang adalah masyarakat Gayo dan sekitar Aceh," tutup Shabela dalam pernyataannya. (HS/PTR/EI)

---------------

SIARAN PERS

Nomor: 203/SP/XI/HMS/2019

---------------

KEPALA BAGIAN HUKUM DAN HUMAS DITJEN PERHUBUNGAN DARAT

Endy Irawan

Twitter: @hubdat151
Instagram : @ditjen_hubdat
Facebook Fan Page dan YouTube : Ditjen Perhubungan Darat
--------------