Indonesian English

LEPAS KEBERANGKATAN MUDIK GRATIS DENGAN BUS, MENHUB: KURANGI TINGKAT KECELAKAAN DAN PENGGUNAAN KENDARAAN PRIBADI

Jumat, 31 Mei 2019 20:35 Admin1
Cetak

lepas-mudik-gratis-menhub

JAKARTA – Program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan diharapkan dapat mengurangi penggunaan sepeda motor dan kendaraan pribadi sehingga dapat mengurangi beban lalu lintas pada jalur mudik lebaran, serta untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pemudik, baik yang menggunakan sepeda motor maupun kendaraan pribadi selama periode angkutan lebaran tahun 2019 (1440 H). Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai melepas keberangkatan mudik gratis dengan bus yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan, Jumat (31/5) di Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat. Turut hadir Menteri Sosial Agus Gumiwang.

“Hari ini bersama Mensos melepas yang ingin mudik, suatu kebahagiaan karena memang amanah Bapak Presiden untuk membahagiakan mereka semua melalui penyelenggaraan mudik bareng, asyik lancar,” ujar Menhub.

Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat melaksanakan kegiatan mudik gratis angkutan lebaran, dengan menyediakan sarana angkutan sebanyak 1.243 unit bus dengan kapasitas angkut 55.935 orang, dan 81 unit truk dengan kapasitas angkut sepeda motor sebanyak 3.645 unit sepeda motor. Konsep yang digunakan adalah sepeda motor dinaikan ke truk sementara orangnya naik bus, dan mudik naik bus bagi penumpangnya saja (tanpa motor).

Rombongan mudik gratis diberangkatkan mulai hari ini, Jum’at tanggal 31 Mei 2019 dan hari Sabtu tanggal 1 juni 2019 dari Monumen Nasional, serta dari beberapa wilayah diantarannya Bogor, Bekasi dan Tangerang, dengan daerah tujuan, sebanyak 38 kota tujuan. Sedangkan untuk arus balik akan diselenggarakan pada kota Purwokerto, Semarang, Solo, dan Yogyakarta.

Selain penyelenggaraan mudik gratis yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan, kegiatan mudik gratis juga dilakukan oleh mitra kerja Kementerian Perhubungan, yaitu 104 (seratus empat) BUMN dan 7 (tujuh) mitra kerja swasta, dengan dengan total jumlah penumpang yang di angkut sebanyak 204.572 (dua ratus empat ribu lima ratus tujuh puluh dua) orang.

Kemenhub menyambut baik peran serta mitra kerja yang telah berpartisipasi pada penyelenggaraan program mudik gratis tahun 2019. (HH/RDL/CA/HA)