Indonesian English

INILAH CAPAIAN 4 TAHUN KINERJA KEMENHUB BIDANG PERHUBUNGAN DARAT

Sabtu, 27 Oktober 2018 22:01 Admin1
Cetak

capai darat 01

MARTAPURA (27/10) - Selama 4 tahun Pemerintahan, Kementerian Perhubungan khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah berhasil melakukan sejumlah pembangunan sarana dan prasarana.

Hal tersebut menunjukan bahwa Kementerian Perhubungan selalu berupaya meningkatkan aksesiblitas dan konektivitas yang merata sehingga diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan perkenomian masyarakat. Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan kunjungan kerja ke Martapura Sumatera Selatan, Sabtu (27/10).

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Budi Setiyadi yang turut hadir mendampingi Menhub menjelaskan, "Mulai tahun 2015 – 2018, Ditjen Perhubungan Darat telah melakukan rehabilitasi terminal sebanyak 65 lokasi, pembangunan pelabuhan penyeberangan 21 lokasi, pembangunan pelabuhan non komersial 104 lokasi, pembangunan kapal penyeberangan 14 unit, pembangunan Bus Rapid Transit (BRT) 1.918 unit," ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan jasa transportasi kepada penumpang, sehingga masyarakat pengguna jasa transportasi merasa aman dan nyaman.

Disamping itu, Ditjen Perhubungan Darat juga memberikan bantuan bus air berkapasitas 20 penumpang untuk menunjang kegiatan Asian Games 2018, kepariwisataan serta sebagai angkutan perairan pedalaman (inland waterways).

Selain pembangunan, Ditjen Perhubungan Darat juga merilis data total penumpang yang menggunakan angkutan damri perintis dan kapal penyeberangan dalam kurun waktu 4 tahun. "Tercatat total penumpang dari tahun 2014 sampai dengan 2018 untuk moda damri perintis berjumlah 12.226.765, sedangkan moda kapal penyeberangan berjumlah 319.305.758 penumpang," ujar Dirjen Budi.

Ia menambahkan, jumlah kargo yang diangkut juga mengalami kenaikan. "Untuk damri perintis totalnya 180.010 ton dan angkutan penyeberangan 1.978.543 ton," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan bersama Dirjen Perhubungan Darat membagikan helm yang disiapkan oleh PT. Jasa Raharja kepada pengendara ojek dan para peserta yang hadir guna sosialisasi keselamatan jalan.

"Kami tidak pernah lelah untuk selalu mengingatkan kepada semua pengendara sepeda motor mulai dari remaja sampai dewasa untuk selalu mengutamakan keselamatan, gunakan helm dengan benar, walaupun hanya menempuh jarak yang dekat," ujar Dirjen Budi.

Dalam kegiatan ini juga turut hadir Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Direktur Utama PT Jasa Raharja Budi Rahardjo, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Mohamad Pramintohadi Sukarno, Direktur Utama TVRI Helmy Yahya dan Bupati OKU Timur Kholid Mawardi. (KDN/PTR)

-----------
HUMAS DITJEN PERHUBUNGAN DARAT

Twitter: @hubdat151

Instagram: @ditjen_hubdat
FB page dan Youtube: Ditjen Perhubungan Darat
-----------