Indonesian English

Kampanyekan Keselamatan Jalan Di Soreang Bandung, Menhub Minta Warga Selalu Gunakan Helm Dan Kurangi Kecepatan Berkendara

Minggu, 21 Oktober 2018 21:09 Admin1
Cetak

pekan keselamatan jalan

SOREANG – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab kematian nomor dua setelah penyakit stroke. Untuk itu Menhub mengajak masyarakat agar sadar bahwa resiko berkendara itu bisa diantisipasi dengan cara yang sederhana, yaitu dengan mengurangi kecepatan berkendara, menggunakan helm dan mematuhi aturan berlalu lintas.

Hal tersebut disampaikan Menhub Budi saat menghadiri rangkaian kegiatan Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2018 di Gedong Budaya Sabilulungan Soreang, Kabupaten Bandung, Minggu (21/10).

“Keselamatan memang masih menjadi problem kita. Dalam hal penyebab kematian, kecelakaan lalu lintas menduduki nomor dua sebagai penyebab kematian setelah stroke. Jadi kami memang secara intensif keliling Indonesia untuk mensosialisasikan keselamatan jalan. Salah satunya kita lakukan di Soreang Kabupaten Bandung ini,” jelas Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengatakan bahwa dengan mengurangi kecepatan sebesar 5 persen maka akan mengurangi resiko kecelakaan sebesar 30 persen. Dan tercatat 70 persen korban kecelakaan sebagian besar dari kawula muda usia produktif dan potensial.

“Makanya disini kita undang siswa SD, SMP, SMA karena apa, karena mereka adalah ikon-ikon (keselamatan) kita, untuk masa depan kita,” terang Menhub.

Menhub berharap kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara dan berlalu lintas dapat terus dijaga dengan baik sehingga angka kecelakaan di jalan setiap tahunnya dapat terus berkurang.

“Saya mengharapkan jumlah kecelakaan setiap tahun turun. Jadi memang awereness-nya harus kita jaga dengan baik,” tutup Menhub.

Kegiatan Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2018 dengan tema “Sayangi Nyawa, Kurangi Kecepatan” di Soreang, dimulai dengan melepas peserta Sepeda Nusantara yang diikuti sekitar 4000 pesepeda yang berasal dari Bandung dan sekitarnya.

Ada juga pameran/booth pelajar pelopor keselamatan yang terdiri dari beberapa kegiatan seperti safety riding coaching clinic dan area games corner. Kemudian dilanjutkan dengan lomba mewarnai dan menggambar bertema keselamatan jalan yang diikuti oleh siswa-siswi SD dari Kabupaten Bandung dan sekitarnya.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan talkshow bertema “Keselamatan Sebagai Budaya Bertransportasi” dengan narasumber Menhub Budi Karya bersama Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Pol Prahoro Tri Wahyono, yang dihadiri oleh para pelajar SD, SMP, SMA serta masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya. Usai talkshow, Menhub membagikan hadiah bagi sejumlah peserta yang memenangkan permainan tantangan “Jika aku jadi Menteri Perhubungan” yang diajukan oleh Menhub Budi Karya. (EK/RDL/RK/BI)