Indonesian English

Dukung Keselamatan Jalan Di Tasikmalaya, Menhub Serahkan 50 Helm dan 1 Buah Bus

Minggu, 14 Oktober 2018 22:00 Admin1
Cetak

 

 tasikmalaya1bus

TASIKMALAYA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyerahkan helm keselamatan sebanyak 50 buah dan bantuan teknis 1 bus sekolah, kepada Walikota Tasikmalaya sebagai bentuk dukungan dan ajakan kepada segenap lapisan masyarakat Tasikmalaya untuk ikut berperan serta dalam mewujudkan keselamatan jalan. Penyerahan secara simbolis ini dilakukan bertepatan dengan pembukaan October Festival untuk memperingati hari jadi Kota Tasikmalaya ke 17, Minggu (14/10).

Menhub menyampaikan, keselamatan adalah hal yang sangat penting. Karena itu setiap orang wajib untuk selalu menjaga keselamatan dirinya, terutama saat berkendara di jalan.

“Oleh karenanya saya selaku Menteri Perhubungan juga mengingatkan bahwa keselamatan menjadi suatu hal yang sangat penting bagi kita. Marilah kita jaga keselamatan agar Kota Tasikmalaya menjadi lebih hebat lagi. Hari ini kami juga menyerahkan bantuan 1 buah bus sekolah, yang menjadi tanda bahwa Kementerian Perhubungan selalu ingat dengan Tasikmalaya,” tutur Menhub.

Penyerahan 50 helm ini juga menunjukkan komitmen Kemenhub dalam rangka upaya peningkatan keselamatan jalan khususnya bagi pengguna sepeda motor, melihat fakta tingginya angka kecelakaan yang melibatkan pengguna sepeda motor.

Berdasarkan data dari Kepolisian, di Kota Tasikmalaya pada tahun 2017 tingkat kecelakaan jalan masih cukup tinggi, dari 271 kejadian kecelakaan terdapat korban meninggal dunia sebanyak 101 orang. Sementara, di Indonesia secara umum, tingkat fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas masih cukup tinggi. Pada tahun 2017, korban meninggal dunia mencapai 31.170 jiwa atau 3-4 orang meninggal dunia setiap jam. Jenis kendaraan yang mengalami kecelakaan lalu lintas didominasi oleh sepeda motor, yang mencapai angka 72%.

Karenanya Kementerian Perhubungan tidak bosan-bosannya selalu mengajak semua lapisan masyarakat untuk lebih peduli dengan keselamatan jalan.

Lebih lanjut Menhub mengatakan Tasikmalaya adalah kota yang kreatif, maka menjadi keharusan bagi Pemerintah untuk mendukung pembangunan di Tasikmalaya.

“Dukungan pemerintah ditandai dengan kita sudah memperbesar bandara, Insya Allah runwaynya akan diperpanjang sehingga lebih banyak lagi pesawat-pesawat yang akan mendarat di sini. Kami juga mengundang beberapa investor agar dibangun fasilitas hotel internasional dan berbagai kegiatan. Kami juga akan mendorong moda kereta api yang lebih banyak menuju Tasikmalaya. Juga ada pembangunan jalan tol yang Insya Allah tahun depan kita mulai dan dalam dua tahun direncanakan selesai. Yang pasti ini akan memberikan kebahagiaan bagi masyarakat, secara khusus kota Tasikmalaya,” ujar Menhub.

Turut hadir dalam kegiatan ini Anggota Komisi V DPR RI Nurhayati Manoarfa, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Walikota Tasikmalaya Budi Budiman dan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi. (HH/RDL/RK/BI)