Indonesian English

Lewat Ruas Tol Fungsional, Menhub Minta Pemudik Tidak Melebihi Kecepatan 40 Km/Jam

Selasa, 05 Juni 2018 21:00 Admin1
Cetak

tol-ruas

SEMARANG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta pemudik yang akan melewati ruas tol fungsional untuk tidak memacu kecepatan kendaraannya melebihi 40 km/jam. Hal ini dikarenakan kondisi permukaan jalan yang belum rata serta minimnya lampu penerangan pada ruas tol fungsional.

Lebih lanjut Menhub juga mengimbau pemudik untuk berhati-hati serta tidak ugal-ugalan dalam mengendarai kendaraannya.

"Saya pikir kita punya waktu libur yang panjang, nikmati saja perjalanannya. Kalau 12 jam jalani 12 jam. Jangan ngoyo karena bisa fatal. Katakanlah Jakarta-Semarang bisa 10-12 jam, tidak perlu dipacu menjadi 6 jam," terang Menhub.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Jawa Tengah Condro Kirono juga mengingatkan pemudik untuk beristirahat jika sudah mengalami kelelahan dalam perjalanan.

"Kita mewanti-wanti agar kecepatan tidak lebih dari 40 km/jam agar aman. Karena titik lelah dari Jakarta itu saat masuk Pemalang, Batang dan Kendal. Oleh karenanya silahkan istirahat di rest area yang sudah dipersiapkan," kata Condro.

Menurut Menhub pemberian edukasi serta informasi mudik lebaran sangat penting khususnya bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik.

"Perilaku ini memang harus diedukasi seperti membatasi kecepatan, memberikan alternatif kapan mudik. Dan makin hari masyarakat itu sangat patuh dengan apa yg kita komunikasikan," tutup Menhub. (LFH/TH/RK/BI)