Indonesian English

Menhub Minta Agar Pemudik Dapat Mengatur Waktu Berangkat Saat Mudik

Jumat, 11 Mei 2018 21:00 Admin1
Cetak

menhub-waktu-mudik

JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta kepada masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran agar dapat mengatur waktu keberangkatan saat melakukan mudik lebaran agar mengurangi kepadatan di jalan. Hal tersebut disampaikan Menhub saat menghadiri Perayaan HUT Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) di Jakarta, Jumat (11/5).

“Untuk kepadatan di jalan faktor pembaginya adalah waktu, untuk itu saya mengajak masyarakat agar dapat mengatur waktu perjalanan mudiknya, apabila waktu liburnya panjang dapat berangkat H-7 sebelum lebaran. Pemikiran masyarakat mudik itu berangkat H-3 atau H-2, untuk itu kami fokuskan untuk menghimbau kepada masyarakat yang bisa berangkat lebih awal agar berangkat,” ucap Menhub Budi.

“Saya sampaikan juga prediksi dari Kementerian Perhubungan puncak arus mudik akan jatuh pada H-3 dan H-2, maka dari itu kembali kami ingatkan agar dapat mengatur waktu keberangkatan agar dapat mengurangi kepadatan di jalan” tambah Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengatakan selain mengatur waktu keberangkatan, untuk mengurangi kepadatan saat mudik lebaran masyarakat juga dapat menggunakan jalan nasional dikarenakan saat ini masyarakat kebanyakan memilih jalan tol saat mudik lebaran.

“Jalan tol pasti digemari masyarakat karena asumsi masyarakat lebih cepat dan menjadi pilihan masyarakat untuk menggunakan jalan tol itu tinggi, namun jalan nasional juga bagus untuk dipakai saat mudik lebaran. Kementerian Perhubungan beberapa lalu melakukan touring Jakarta-Surabaya hasil dari kegiatan tersebut saya mendapat laporan bahwa jalan nasional jalannya bagus sehingga layak dipakai untuk kegiatan mudik lebaran,” Kata Menhub Budi Karya.

Di saat yang bersamaan Menhub meminta kepada seluruh stakeholder agar melakukan ramp check untuk meningkatkan keselamatan moda transportasi yang digunakan untuk mudik.

"Saya meminta kepada seluruh stakeholder secara seksama melakukan ramp check untuk meningkatkan keselamatan dan dapat laik jalan. Apabila ada yang tidak lulus ramp check tidak akan kita beri izin untuk jalan," ujar Menhub Budi Karya.

"Yang terakhir kita sepakat Polri sebagai komandan di lapangan, kita semua ikut Polri sebagai komandan. Apabila kita mampu melaksanakan semuanya dengan baik mudah-mudahan angkutan lebaran tahun ini akan berjalan lancar," tambah Menhub. (MM/TH/RK/BI)