Indonesian English

KEMENHUB SELENGGARAKAN UJI PUBLIK WUJUDKAN TERMINAL BUS TIPE A "WOW JAUH LEBIH KEREN"

Jumat, 06 Oktober 2017 11:10 Admin1
Cetak

 

SOLO (4/10) - Kementerian Perhubungan cq Ditjen Perhubungan Darat menyelenggarakan uji publik dalam rangka mewujudkan terminal bus tipe A Wow Jauh Lebih Keren untuk pelayanan kepada pengguna jasa. Direktur Prasarana Perhubungan Darat Jujun Endah Wahjuningrum mengungkapkan bahwa sudah saatnya menyediakan layanan setara dengan stasiun dan bandara.

"Kami optimistis ini bisa direalisasikan, karena ini bagian dari upaya menjadikan bus sebagai pilihan moda transportasi yang andal," jelas Jujun di Solo, Rabu (4/10/2017).

Dia berharap uji publik ini dapat memunculkan masukan positif sebagai cikal bakal keluarnya kebijakan untuk mendukung terwujudnya cita-cita yang baik itu.

Jujun mengemukakan, pada saat pengalihan kewenangan pengelolaan terminal dari Pemerintah Daerah ke Pemerintah Pusat, pihaknya langsung tertantang untuk mewujudkan layanan dalam terminal lebih baik lagi dengan didukung juga dengan perubahan prasarana.

Dalam uji publik tersebut juga turut hadir Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno sebagai narasumber dan stakeholder lain antara lain dari perwakilan Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Jawa Tengah, Bank Mandiri, Jasa Raharja, Akademisi, pengelola terminal, dan operator bus.

Acara diawali sambutan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Jawa Tengah dan DIY Agung Raharjo yang menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan uji publik di Solo.

"Kami yakin masukan dari berbagai pihak dapat menjadi catatan positif dalam membuat kebijakan terminal," kata Agung.

Seperti diketahui saat ini terminal tipe A yang telah dikelola Kemenhub sebanyak 97 unit dari total 143 terminal yang ada. Sebanyak 46 terminal hingga saat ini belum diserahkan pengelolaannya dari daerah ke pusat.(CAS/PTR)