Indonesian English

TINGKATKAN KESELAMATAN ANGKUTAN SUNGAI DAN DANAU, KEMENHUB BAGIKAN LIFE JACKET

Kamis, 11 Mei 2017 00:00 Admin1
Cetak

sdp jaket

JAMBI (10/5) - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyiapkan 200 buah jaket pelampung atau life jacket yang dibagikan kepada para operator kapal yang nantinya akan digunakan menjadi sarana keselamatan kapal.

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sebagaimana perintah Menteri Perhubungan terus berusaha meningkatkan kinerja keselamatan angkutan sungai dan danau, dalam rangka peningkatan keselamatan transportasi sungai, danau, dan penyeberangan serta memberikan bimbingan teknis terkoordinasi dengan instansi yang terlibat terhadap peningkatan keselamatan dalam berlalu lintas di sungai dan danau.

"Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pelayanan, kelancaran operasional dan keselamatan Lalu Lintas Angkutan Sungai dan Danau, serta memberikan pengetahuan kepada para operator akan pentingnya perlengkapan keselamatan angkutan sungai dan danau,” ujar Direktur Lalu Lintas Pandu Yunianto dalam sambutannya pada kegiatan Bimbingan Teknis kepada para operator dan para pengguna jasa transportasi sungai dan danau di Kab. Kuala Tungkal Jambi, Rabu (10/5).

Angkutan sungai dan danau sejatinya sangat diperlukan sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memberikan aksebilitas yang lebih baik sehingga dapat mengakomodasi peningkatan kebutuhan mobilitas penduduk melalui jaringan transportasi darat yang terputus di perairan antar-pulau, sepanjang daerah aliran sungai dan danau, serta berfungsi melayani transportasi yang menjangkau daerah terpencil dan daerah pedalaman.

Pandu mengatakan bahwa keselamatan transportasi merupakan suatu kebutuhan yang harus diwujudkan dalam penyelenggaraan transportasi khususnya angkutan sungai dan danau, sehingga perlu senantiasa berupaya meningkatkan keselamatan transportasi secara terus-menerus.

"Terjadinya kecelakaan angkutan sungai dan danau pada umumnya diakibatkan oleh faktor kelalaian manusia, di samping aspek teknis, faktor alam seperti adanya gangguan alur sungai dan lain-lain," ucap Pandu. "Hal tersebut menjadi tanggung jawab kita bersama untuk berupaya mencegah dan menekan angka kecelakaan lalu lintas dan angkutan sungai dan danau menjadi sekecil mungkin," tambahnya.

Acara yang dipimpin langsung oleh Bupati Tanjung Jabung Barat Safrial MS dihadiri oleh 100 orang dari berbagai operator kapal di lingkungan Kabupaten Tanjung Jabung Barat Jambi. Selain itu, kegiatan ini juga melakukan pembagian 100 buah pelampung ban atau Life Buoy kepada para operator kapal dari program kerjasama Ditjen Perhubungan Darat dengan PT. Jasa Raharja (Persero).

Pada kesempatan yang sama Bupati Safrial memberikan apresiasi yang tinggi kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat atas bimbingan teknis yang dilaksanakan. "Saya berharap ini bukan yang pertama dan terakhir, semoga kedepannya kegiatan ini terus berlanjut agar para operator dan masyarakat teredukasi akan pentingnya keselamatan transportasi," kata Safrial.

Diharapkan dengan dilaksanakannya bimbingan teknis ini dapat tercipta penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Sungai dan Danau yang tertib, selamat, lancar, aman dan nyaman. (KDN/PTR)

-----------