Indonesian English

Kemenhub Raih Penghargaan Pengelola Kepegawaian Terbaik

Kamis, 11 Mei 2017 00:00 Admin1
Cetak

kemenhub kepeg terbaik

JAKARTA – Kementerian Perhubungan meraih penghargaan dengan kategori Pengelola Kepegawaian Terbaik Tingkat Kementerian Besar dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo menerima penghargaan tersebut dari Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam acara Rakornas Kepegawaian Tahun 2017 di Jakarta Convention Center pada Rabu (10/5).

“Alhamdulillah kita menerima penghargaan dari BKN untuk kategori pengelola kepegawaian terbaik tingkat kementerian besar. Penghargaan ini merupakan wujud nyata atas komitmen Kementerian Perhubungan dalam pengelolaan pegawai negeri sipil yang profesional, berkinerja dan berkualitas tinggi. Penghargaan ini tidak begitu saja kita dapatkan tapi melalui proses penilaian dengan 9 kriteria yang ditetapkan oleh BKN,” terang Sugihardjo.

Adapun indikator penilaian pengelola kepegawaian terbaik berdasarkan 9 (sembilan) variabel kriteria, yaitu Perencanaan Formasi; Pelayanan Pengadaan; Pelayanan Kenaikan Pangkat; Pelayanan Pensiun; Implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK); Pemanfaatan CAT BKN; Penilaian Kompetensi; Implementasi Penilaian Kinerja; dan Komitmen Pengawasan dan Pengendalian.

Dari 9 indikator tersebut, Kemenhub telah melaksanakan seluruhnya, namun yang paling menonjol adalah implementasi SAPK dengan membangun sistem informasi kepegawaian, melaksanakan penilaian kompetensi dengan melaksanakan assesment bagi calon pejabat struktural dan memberikan pelayanan kepada calon pensiunan dengan memberikan pembekalan bagi pegawai yang akan memasuki masa purna tugas.

Pada tahun ini, penghargaan diberikan kepada 5 (lima) instansi terbaik yang dibagi ke dalam 7 (tujuh) kelompok kategori, yaitu, pertama, Kementerian Besar (Jumlah PNS >19.000), kedua, Kementerian Kecil (Jumlah PNS <19.000), ketiga, Lembaga non Kementerian, lalu keempat, Pemerintah Provinsi. Kemudian kelima, Pemerintah Kabupaten/Kota (Tipe A), enam, Pemerintah Kabupaten/Kota (Tipe B) dan terakhir Pemerintah Kabupaten/Kota (Tipe C).

“Kemenhub termasuk 1 dari 5 instansi terbaik yang menerima penghargaan dengan kelompok kategori Kementerian Besar karena jumlah pegawai sekitar 32.566 pegawai” jelas Sugihardjo.

BKN Awards merupakan wujud semangat pengelola kepegawaian guna menyajikan excellent service (layanan prima) kepada masyarakat yang diberikan kepada Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, dan Kabupaten /Kota. Penghargaan ini sendiri telah dilaksanakan untuk kali ketiga sejak tahun 2015. (LFH/TH/BS/JAB)